Materi Seni Rupa Kelas 7 Merdeka Belajar Semester 1 & 2

Materi, Buku Siswa & Buku Guru PJOK Kelas 7 SMP Pada Kurikulum Merdeka / Sekolah Penggerak - Seni merupakan salah satu unsur kebudayaan manusia. Sepanjang keberadaan kita di dunia ini, salah satu yang membedakan kita baik dengan makhluk lain maupun antar kita adalah kegiatan berkesenian dan karya-karya seninya.

Oleh karena itu, melalui seni kita bisa melihat dan memahami sebuah fenomena dari berbagai sudut pandang, berempati, dan juga menghargai perbedaan dan keragaman. Nilai utama dari seni adalah keindahan. Bersama dengan nilai kebenaran dari ilmu pasti, dan nilai kebaikan dari ilmu sosial kemanusiaan; nilai keindahan memampukan seseorang untuk menjalani hidup yang bermakna.




Seni rupa merupakan salah satu bentuk seni. Seni rupa mengandalkan hal-hal yang bisa dilihat dan juga proses persepsi visual. Keindahan rupa hadir dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada padu padan pakaian, dekorasi rumah, hias pengantin, ataupun saat menata makanan di meja.

Keindahan melahirkan kenyamanan dan perasaan aman, sehingga dari tingkat-tingkat yang lebih individual tersebut pembelajaran seni rupa juga bisa berdampak besar pada kemampuan kita menciptakan masyarakat yang harmonis. Maka dari itu, pembelajaran seni rupa tidak lagi difokuskan pada kemampuan artistik saja, tetapi juga bagaimana menggunakan seni rupa untuk membuat perubahan positif.


Materi Seni Rupa Semester Ganjil dan Genap Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka


Unit 1 Menggambar Hubungan Dengan Sejarah Seni Rupa
A. Rupa Dasar
B. Komposisi Alam Benda

Unit 2 Mendesain Hubungan Dengan Sejarah Seni Rupa
A. Menemukan Pola Organis
B. Menemukan Pola Geometris Pada Benda di Sekitar
C. Aplikasi Pola Geometris Bewarna
D. Aplikasi Pola Geometris Pada Benda

Unit 3 Membuat Tipografi Dan Logo Hubungan Dengan Sejarah Seni Rupa
A. Tipografi: Mengenal Dasar Tipografi
B. Tipografi: Aplikasi Tipografi
C. Logo: Mengenal Logo
D. Logo: Membuat Logo

Unit 4 Berkarya Seni Untuk Perubahan Hubungan Dengan Sejarah Seni Rupa
A. Merasakan
B. Membayangkan
C. Melakukan
D. Berbagi


Semoga informasi Materi Seni Rupa Kelas 7 Merdeka Belajar Semester 1 & 2 diatas bermanfaat. Jangan lupa Follow agar dapat notifikasi informasi terbaru lainnya dari Ruang Kelas.

Belum ada Komentar untuk "Materi Seni Rupa Kelas 7 Merdeka Belajar Semester 1 & 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel