Materi Seni Musik Kelas 7 Merdeka Belajar Semester 1 & 2

Materi Seni Musik Kelas 7 SMP Pada Kurikulum Merdeka / Sekolah Penggerak - Paradigma pendidikan abad XXI memberikan konteks baru dalam kesempatan belajar yang luas ke arah humanisme yang lebih beradab. Buku ini dirancang dengan memperhatikan hakikat pendidikan, desain kurikulum, yang menjamin kualitas dan relevansi pembelajaran transformatif berbasis budaya lokal.

Basis pemikiran ini diharapkan dapat mempertangguh budaya nasional menghadapi tantangan dan perubahan secara kreatif, inovatif, dan kolaboratif. Capaian pembelajaran dalam buku ini mengembangkan secara berimbang antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui seni musik, seni rupa, seni tari, dan seni teater guna memperkuat karakter.




Pelajaran seni musik dalam konteks merdeka belajar mencakup pengembangan musikalitas dengan kebebasan berekspresi, mengembangkan imajinasi secara luas dengan menjalani disiplin kreatif; penghargaan akan nilai-nilai keindahan, mengembangkan rasa kemanusiaan, toleransi dan menghargai perbedaan, mengembangkan kepribadian manusia secara utuh (jasmani, mental/psikologis, dan rohani) sehingga dapat memberikan dampak dalam kehidupan manusia.

Manusia yang bebas dimaksudkan manusia yang memiliki keterbukaan akal budi untuk mengembangkan potensi dirinya dengan menjadikan norma-norma kehidupan sebagai nilai-nilai keutamaan hidup yang harus dijunjung tinggi. Untuk itulah merdeka belajar sebagai warisan Ki Hajar Dewantara sangat penting agar dilaksanakan dalam pembelajaran.

Pelajaran musik membantu mengembangkan musikalitas, kemampuan bermusik peserta didik dalam berbagai macam praktiknya dengan baik. Beberapa elemen dapat diuraikan melalui pelajaran musik, peserta didik dapat mengungkapkan dengan indah dan ekspresif, melalui kesadaran, pemahaman dan penghayatan akan unsur-unsur/elemen-elemen bunyi-sunyi-musik dan kaidah-kaidahnya.


Materi Seni Musik Semester Ganjil dan Genap Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka


Unit 1 Bernyanyi Solo
A. Kegiatan Pembelajaran 1 Siapakah Idolamu?
B. Kegiatan Pembelajaran 2 Ayo Berlatih Teknik Vokal
C. Kegiatan Pembelajaran 3 Ayo Terus Berlatih
D. Kegiatan Pembelajaran 4 Jadilah Bintang

Unit 2 Bermain Alat Musik Sederhana
A. Kegiatan Pembelajaran 1 Ritme Dalam Musik
B. Kegiatan Pembelajaran 2 Ayo Berlatih Alat Musik Harmonis Pianika
C. Kegiatan Pembelajaran 3 Ayo Berlatih Alat Musik Melodis Rekorder

Unit 3 Bernyanyi Bersama
A. Kegiatan Pembelajaran 1 Ayo Bernyanyi Bersama
B. Kegiatan Pembelajaran 2 Bernyanyi Mengikuti Aba-Aba Pengaba
C. Kegiatan Pembelajaran 3 Teknik Pemanasan Vokal Sebelum Bernyanyi
D. Kegiatan Pembelajaran 4 Bernyanyi Bersama

Unit 4 Bermain Ansambel
A. Kegiatan Pembelajaran 1 Ayo Bermain Musik Bersama
B. Kegiatan Pembelajaran 2 Ayo Tampil!


Semoga informasi Materi Seni Musik Kelas 7 Merdeka Belajar Semester 1 & 2 diatas bermanfaat. Jangan lupa Follow agar dapat notifikasi informasi terbaru lainnya dari Ruang Kelas.

Belum ada Komentar untuk "Materi Seni Musik Kelas 7 Merdeka Belajar Semester 1 & 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel