Rangkuman Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 K13 Revisi

Download Materi Tema 1 Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi - Rangkuman / Ringkasan adalah hasil dari proses meringkas atau merangkum suatu tulisan atau pembicaraan menjadi uraian yang isinya lebih singkat dan padat. Rangkuman / Ringkasan berisi pokok-pokok tulisan sehingga lebih mudah untuk dibaca dan dipahami.

Rangkuman / Ringkasan dibutuhkan oleh semua orang, salah satunya adalah Peserta Didik. Peserta Didik akan lebih mudah membaca ringkasan materi dibandingkan dengan membaca buku. Untuk membantu adik-adik Kelas 6 SD dalam belajar, kali ini Ruang Kelas akan berbagi Rangkuman Tematik 1 Subtema 2 Hewan Sahabatku Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI.


Rangkuman Tema 1 Subtema 2 Hewan Sahabatku Kelas 6 SD/MI



Didalam rangkuman ini, adik-adik akan belajar lima (5) muatan pelajaran yaitu Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan SBdP.


A. Rangkuman Tema 1 Subtema 2 Muatan PPKn



Penerapan nilai-nilai Pancasila sila ke-tiga dalam kehidupan sehari-hari :
  • Cinta pada tanah air dan bangsa.
  • Menjaga nama baik bangsa dan negara.
  • Tidak membangga-banggakan bangsa lain dan merendahkan bangsa sendiri.
  • Ikut serta dalam ketertiban dunia.
  • Menjunjung tinggi persatuan bangsa.
  • Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Penerapan nilai-nilai Pancasila sila ke-empat dalam kehidupan sehari-hari :
  • Tidak memaksakan keinginan,
  • Bermusyawarah,
  • Mengutamakan kepentingan orang banyak, dan
  • Menjalankan keputusan yang telah disepakati bersama.

Penerapan nilai-nilai Pancasila sila ke-lima dalam kehidupan sehari-hari :
  • Bersikap adil,
  • Menghormati hak-hak orang lain,
  • Suka memberi pertolongan,
  • Tidak boros,
  • Tidak bergaya hidup mewah,
  • Tidak merugikan kepentingan orang lain,
  • Suka bekerja keras, dan
  • Menghargai hasil karya orang lain


B. Rangkuman Tema 1 Subtema 2 Muatan Bahasa Indonesa



Bebek

Bebek adalah unggas yang hidup di darat tetapi menyukai perairan. Penduduk Indonesia banyak memanfaatkan daging dan telur bebek untuk kebutuhan sehari-hari.

Bulu bebek tidak pernah basah meskipun ia berenang dan menyelam. Hal itu karena bulunya memiliki kelenjar minyak. Lapisan minyak berguna untuk membuat suhu tubuh bebek tetap hangat di malam hari.

Ide pokok Paragraf 1 : Penduduk Indonesia banyak memanfaatkan daging dan telur bebek untuk kebutuhan sehari-hari.
Ide pokok Paragraf 2 : Bulu bebek tidak pernah basah meskipun ia berenang dan menyelam.


C. Rangkuman Tema 1 Subtema 2 Muatan IPA



Setiap hewan memiliki kemampuan berkembang biak. Dengan berkembang biak, hewan dapat melestarikan jenisnya. Tahukah kamu bagaimana cara hewan berkembang biak?

Ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut ovipar. Contohnya ayam dan jenis burung lainnya.

Selain bertelur, ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan disebut vivipar Sapi, kucing, dan gajah adalah contoh hewan vivipar.

Adakah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus melahirkan? Ada, contohnya adalah ular. Berapa jenis ular tidak selamanya melahirkan anaknya. Kadang-kadang pada saat mengeluarkan anakanaknya, masih ada anak ular yang terbungkus cangkang telurnya. Perkembangbiakan seperti ini dikatakan bertelur sekaligus beranak (ovovivipar).


Tahukah kamu kelelawar? Hewan ini memiliki fakta yang menarik. Kelelawar memiliki indra pendengaran yang sangat baik, lebih baik daripada manusia. Berikut ini fakta tentang kelelawar :
  • Kelelawar merupakan hewan mamalia.
  • Tubuh kelelawar sangat bersih.
  • Pada umumnya kelelawar mempunyai satu anak dalam satu tahun.
  • Kelelawar hidup 20 sampai 30 tahun.
  • Kelelawar berperan besar dalam penyebaran dan penyerbukan tanaman.
  • Kotoran kelelawar yang menempel pada gua justru akan melestarikan ekosistem, karena pada kotoran tersebut beberapa bakteri dan organisme lain menggantungkan hidup.
  • Kelelawar tidur di siang hari dan mencari makan di malam hari.


D. Rangkuman Tema 1 Subtema 2 Muatan IPS



Negara-negara di Asia Tenggara memiliki banyak jenis hewan. Beberapa di antaranya ada yang dijadikan sebagai makanan, simbol negara, atau dijadikan binatang peliharaan.

Gajah putih dianggap suci oleh beberapa negara di Asia Tenggara seperti Myanmar, Kamboja, dan Thailand. Menjaga gajah putih adalah usaha yang sangat mahal, karena pemiliknya harus menyediakan makanan khusus untuk gajah.

Indonesia dikaruniai luas wilayah lautan lebih besar dibandingkan luas daratan. Luas lautan Indonesia mencapai 5,8 juta km2. Di dalam lautan Indonesia tersimpan potensi perikanan yang cukup besar Salah satunya ikan tuna.

Ikan tuna adalah salah satu ikan yang paling banyak dicari negara lain, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Kawasan Asia Tenggara terletak pada jalur perdagangan dunia. Kawasan ini menjadi jembatan antara kawasan Eropa dan Asia Timur. Oleh karena itu, Asia Tenggara menjadi wilayah persaingan bagi pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kedudukan strategis kawasan ini. ASEAN berperan sebagai wadah untuk menghindari persengketaan yang mungkin timbul. Dengan posisi yang strategis ini, setiap negara di kawasan Asia Tenggara memiliki kekayaan sumber daya yang menjadi kekuatan negara.

1. Brunei Darussalam. Negara ini terkenal dengan kekuatan sumber daya alam berupa minyak bumi dan gas alam. Brunei menjadi negara di Asia Tenggara yang memiliki pendapatan per kapita tertinggi karena gas alamnya.

2. Filipina adalah sebuah negara kepulauan yang mata pencaharian sebagian besar penduduknya adalah di bidang pertanian. Filipina berhasil menjadi salah satu negara di dunia yang dapat membangun dan mengembangkan pertaniannya dengan baik. Beberapa produk unggulan hasil pertaniannya diekspor ke berbagai negara, seperti nanas, padi, kelapa, dan gula. Hasil pertanian ini juga yang menunjang perkembangan ekonomi negara ini.

3. Indonesia.  Sebagai negara kepulauan terbesar di kawasan ini, Indonesia memiliki ragam sumber daya alam yang sangat kaya. Banyak hal yang dapat dikembangkan untuk memperkuat perkembangan ekonomi Indonesia. Saat ini Indonesia mengekspor minyak dan gas bumi, tekstil, dan produk-produk dari kayu.

Pertambangan menjadi salah satu pintu masuk para pengusaha mancanegara ke Indonesia. Keindahan alam Indonesia pun merupakan daya tarik yang menjadi sumber devisa negara dari sektor pariwisata.

4. Kamboja. Di Kamboja mengalir Sungai Mekong. Daerah di sekitar Sungai Mekong merupakan daerah yang subur. Mata pencaharian penduduk Kamboja adalah pertanian. Hasil pertanian Kamboja yang besar adalah padi dan karet.

5. Laos. Laos bertetangga dengan Kamboja. Negara ini dilewati oleh aliran Sungai Mekong. Sama seperti di Kamboja, kegiatan pertanian banyak dilakukan di sepanjang aliran sungai ini. Sebagian besar hasil pertanian dinikmati oleh masyarakat Laos.

6. Malaysia. Kegiatan ekonomi utama penduduk Malaysia adalah di bidang pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Perdagangan internasional merupakan salah satu kegiatan ekonomi Malaysia yang mengalami pertumbuhan tercepat.

Peralatan elektronik, minyak, dan gas bumi diekspor ke negara lain. Produk dari kayu, minyak sawit, karet, tekstil, sepatu, dan bahan-bahan kimia diperdagangkan di dunia internasional.

7. Myanmar. Mata pencaharian utama penduduk Myanmar adalah pertanian, perkebunan, dan pertambangan. Padi merupakan hasil utama dari pertanian di sana. Myanmar merupakan salah satu negara penghasil padi terbesar di Asia Tenggara.

8. Singapura merupakan negara paling maju di kawasan ASEAN. Letak Singapura sangat strategis. Saat ini Singapura menjadi negara transit teramai di Asia.

9. Thailand sering disebut sebagai lumbung padi di Asia Tenggara. Padi memang merupakan hasil per tanian terbesar dari negara ini. Selain itu, perkebunan, kehutanan, pertambangan, dan industri juga merupakan kegiatan ekonomi penduduk Thailand. Saat ini, penghasilan utama Thailand adalah sektor pariwisata. Keunikan bangunan budaya di Thailand menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara.

10. Vietnam. Setelah pulih dari Perang Vietnam, negara ini mulai berkembang di berbagai sektor perekonomiannya. Pariwisata dan turisme mendukung perkembangan ekonomi. Bidang pendukung lainnya seperti usaha jasa di bidang perhotelan, restoran, serta transportasi juga turut berkembang pesat.


E. Rangkuman Tema 1 Subtema 2 Muatan SBdP



Praktik Membuat Patung


Foto di samping adalah patung di Indramayu. Buah mangga merupakan identitas kota tersebut. Begitu pula dengan patung Rusa. Banyak seniman menggunakan benda atau makhluk hidup di sekitar sebagai inspirasi mereka.

Patung apa yang kamu buat? Pada pembelajaran dua kamu sudah menentukan model patungmu. Lanjutkan kreasimu sampai selesai. Saat mengerjakan patungmu, kamu harus sabar dan bekerja dengan tekun.

Setelah adik-adik belajar Materi Kelas 6 Tema 1 Subtema 2, saatnya adik-adik mengerjakan Soal Ulangan Harian Tema 1 Subtema 2 Kelas 6 untuk mengetahui sejauh mana pemahaman adik-adik.

Adik-adik jangan gelisah jika nilai belum memuaskan, adik-adik cukup belajar dengan rajin biar semakin pintar dan paham materi yang dijelaskan oleh Bapak / Ibu Guru. Jika nilai PH Tema 1 Subtema 2 sudah memuaskan, saatnya adik-adik belajar materi selanjutnya yaitu Materi Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 K13 Revisi.

Semoga informasi Rangkuman Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 K13 Revisi diatas bermanfaat ya. Jangan lupa Follow agar dapat notifikasi informasi terbaru lainnya dari Ruang Kelas.

Yuk kita tingkatkan rasa saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Dengan berbagi informasi ini, kita akan membantu meringankan dan memudahkan urusan orang lain pula.

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 K13 Revisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel