Rangkuman Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 K13 Revisi

Download Materi Tema 1 Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi - Rangkuman / Ringkasan adalah hasil dari proses meringkas atau merangkum suatu tulisan atau pembicaraan menjadi uraian yang isinya lebih singkat dan padat. Rangkuman / Ringkasan berisi pokok-pokok tulisan sehingga lebih mudah untuk dibaca dan dipahami.

Rangkuman / Ringkasan dibutuhkan oleh semua orang, salah satunya adalah Peserta Didik. Peserta Didik akan lebih mudah membaca ringkasan materi dibandingkan dengan membaca buku. Untuk membantu adik-adik Kelas 4 SD dalam belajar, kali ini Ruang Kelas akan berbagi Rangkuman Tematik 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Kurikulum 2013 Kelas 4 SD/MI.


Rangkuman Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas 4 SD/MI



Didalam rangkuman ini, adik-adik akan belajar lima (5) muatan pelajaran yaitu Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan SBdP.


A. Rangkuman Tema 1 Subtema 1 Muatan PPKn



Indonesia adalah negara yang sangat beragam budaya, agama, dan bahasa daerahnya. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib menghargai keberagaman tersebut. Keragaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya.

Wujud syukur tersebut dapat dilakukan dalam bentuk sikap saling menghargai antarsuku dan pemeluk agama / kepercayaan yang berbeda.

Suku bangsa adalah suatu golongan manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama.

Manfaat sikap persatuan dan kesatuan :
  • Terwujudnya kehidupan yang serasi,selaras dan seimbang antar sesama.
  • Pergaulan antar sesama akan lebih rukun dan akrab.
  • Terwujudnya sikap saling mencintai dan saling membantu.
  • Dapat mengatasi semua perbedaan yang ada dengan penuh kesadaran.
  • Pembangunan nasional akan berjalan lebih baik dan lancar.
  • Pelaksanaan gotong royong akan dapat berjalan lancar dan baik.
  • Tercipta perdamaian.

Wujud persatuan dan Kesatuan :
  • Melakukan gotong royong bersama – sama.
  • Saling menghormati satu sama lain.
  • Saling menghargai perbedaan yang ada.
Akibat jika kita tidak menghargai adanya perbedaan :
  • Terciptanya lingkungan yang tidak aman dan nyaman.
  • Setiap orang saling membenci dan menyalahkan.
  • Terjadinya keributan.
  • Tidak terciptanya persatuan dan kesatuan.
  • Tidak adanya kerukunan antar warga.
Sikap saling menghargai perbedaan dapat diwujudkan dengan cara :
  • Berteman dengan siapa saja.
  • Saling menghormati satu sama lain.
  • Tidak mengejek teman yang berbeda suku dan agamanya.


Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, Indonesia juga kaya akan jenis alat musik. Berikut adalah contoh alat musik yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Cara memainkannya berbeda-beda.

Kecapi yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik. Angklung yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara digoyangkan. Saluang yang berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara ditiup. Kendang yang berasal dari Jawa Barat dan Tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.


B. Rangkuman Tema 1 Subtema 1 Muatan Bahasa Indonesia



Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok yang didukung oleh gagasan pendukung. Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat inti atau berupa pokok paragraf. Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.

Contoh :

Tari Pakarena

Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.

Gagasan pokok dari paragrap diatas adalah : Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian.

Gagasan Pendukung dari paragrap di atas adalah :
  • Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia.
  • Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas
  • Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat


C. Rangkuman Tema 1 Subtema 1 Muatan IPA



Bunyi adalah bentuk energi yang dihasilkan oleh benda bergetar dan dirambatkan oleh gelombang. Bunyi merupakan gelombang longitudinal. Hal ini dikarenakan adanya rapatan dan rengangan. Bunyi pun akan terdengar semakin keras karena banyaknya rapatan dari pada renggangan. Benda – benda yang bergetar dan menghasailkan bunyi disebut sumber bunyi.

Syarat terjadinya bunyi ada tiga, yaitu :
  • Adanya benda bergetar ( sumber bunyi )
  • Adanya medium / zat yang merambatkan bunyi
  • Adanya pendengaran yang baik

Sifat – sifat bunyi :
  • Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair dan gas. Akan tetapi bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa udara.
  • Bunyi yang merambat melalui benda padat dan zat cair akan terdengar lebih jelas dibandingkan bunyi yang merambat melalui udara.

Contoh bunyi yang merambat melalui udara : Kita dapat mendengar suara orang berbicara dan burung berkicau karena getaran suara itu masuk ke telinga kita,suara lonceng, suara gema yang ada disekitar kita.

Contoh bunyi yang merambat melalui zat cair : Suara lumba – lumba yang tertangkap radar kapal.

Sifat bunyi yang dapat merambat melalui zat cair dimanfaatkan oleh tim SAR untuk mencari dan menolong kecelakaan yang terjadi di tengah lautan. Adanya sifat itu, komunikasi antara orang yang ada di atas kapal dan penyelam dapat dilakukan sehingga pencarian korban dapat berjalan lancar.

Contoh bunyi yang merambat melalui benda padat :  Saat menempelkan telinga di rel kereta api, maka suara roda kereta api yang masih berjarak belasan km akan terdengar cukup jelas.


D. Rangkuman Tema 1 Subtema 1 Muatan IPS



Warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, maupun agama.

Suku Minang

Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”.

Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang. Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong.


Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong. Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.

Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.


E. Rangkuman Tema 1 Subtema 1 Muatan SBdP



Tari Bungong Jeumpa merupakan tari yang berasal dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Adapun keunikan dari tari Bungong Jeumpa, yaitu gerak tari banyak menggunakan tangan dan kaki, gerak tari hanya diiringi dengan suara manusia yang berupa nyanyian.

Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.


Setelah adik-adik belajar Materi Kelas 4 Tema 1 Subtema 1, saatnya adik-adik mengerjakan Soal Ulangan Harian Tema 1 Subtema 1 Kelas 4 untuk mengetahui sejauh mana pemahaman adik-adik.

Adik-adik jangan gelisah jika nilai belum memuaskan, adik-adik cukup belajar dengan rajin biar semakin pintar dan paham materi yang dijelaskan oleh Bapak / Ibu Guru. Jika nilai PH Tema 1 Subtema 1 sudah memuaskan, saatnya adik-adik belajar materi selanjutnya ya yaitu Materi Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 K13 Revisi.

Semoga informasi Rangkuman Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 K13 Revisi diatas bermanfaat ya. Jangan lupa Follow agar dapat notifikasi informasi terbaru lainnya dari Ruang Kelas.

Yuk kita tingkatkan rasa saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Dengan berbagi informasi ini, kita akan membantu meringankan dan memudahkan urusan orang lain pula.

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 K13 Revisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel