Rangkuman Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 K13 Revisi

Download Materi Tema 1 Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi - Rangkuman / Ringkasan adalah hasil dari proses meringkas atau merangkum suatu tulisan atau pembicaraan menjadi uraian yang isinya lebih singkat dan padat. Rangkuman / Ringkasan berisi pokok-pokok tulisan sehingga lebih mudah untuk dibaca dan dipahami.

Rangkuman / Ringkasan dibutuhkan oleh semua orang, salah satunya adalah Peserta Didik. Peserta Didik akan lebih mudah membaca ringkasan materi dibandingkan dengan membaca buku. Untuk membantu adik-adik Kelas 3 SD dalam belajar, kali ini Ruang Kelas akan berbagi Rangkuman Tematik 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kurikulum 2013 Kelas 3 SD/MI.


Rangkuman Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas 3 SD/MI



Didalam rangkuman ini, adik-adik akan belajar tiga (3) muatan pelajaran yaitu Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia dan Matematika.


Rangkuman Tema 1 Subtema 4 Muatan PPKn



Pada muatan PPKn, adik-adik akan belajar tentang :
  1. Menjelaskan pentingnya bekerja sama.
  2. Menceritakan pengalaman melakukan kerja sama dengan teman.

Pentinya Bekerja Sama
Bermain lompat bambu memerlukan kerja sama yang baik antara sesama pemegang bambu maupun pemainnya. Jika tidak ada kerja sama akan membahayakan pemain dan pemegang bambu.

Tangan pemegang bambu bisa terjepit bambu jika tidak bekerja sama dengan baik. Kaki yang melompat pemain akan tersangkut dan terjepit bambu jika tidak ada kerja sama yang baik. Selain kerja sama, konsentrasi pemain juga sangat penting saat bermain lompat bambu. Jika tidak berkonsentrasi, maka akan membahayakan seluruh pemain.

Bekerja sama juga dapat dilakukan pada kegiatan lain. Misalnya memasak. Siti dan teman-teman belajar memasak. Mereka membuat makanan dari bahan singkong yaitu getuk. Mereka bekerja bersama-sama. Mereka membagi tugas dengan merata sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Bekerja sama juga membuat pekerjaan terasa lebih ringan.

Pernahkah kamu bekerja sama dengan temantemanmu? Tulislah pengalamanmu pada kolom komentar ya...


Rangkuman Tema 1 Subtema 4 Muatan Bahasa Indonesia



Pada muatan Bahasa Indonesia, adik-adik akan belajar tentang :
  1. Menjelaskan pertumbuhan tanaman.
  2. Menjelaskan berbagai cara berkembang biak tanaman.
  3. Menjelaskan cara merawat tanaman.
  4. Membuat karya kerajinan mozaik.
  5. Menggunting dan merobek kertas atau daun untuk membuat karya mozaik.
  6. Melakukan gerakan lari dan lompat dalam sebuah permainan.

Tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Kegiatan menjaga dan melestarikan tumbuhan sama dengan menjaga alam sekitar. Salah satu kegiatan menjaga alam yang bisa kita lakukan adalah merawat tumbuhan. Jumlah tumbuhan meningkat karena berkembang biak. Perkembangbiakan tumbuhan dapat terjadi secara alami dan ada juga tanaman yang mengalami perkembangbiakan secara buatan.

A. Perkembangbiakan alami :

1. Biji :
Contoh tanaman yang berkembang biak dengan biji adalah jagung, kacang hijau, padi, mangga, cabai, dan tomat.

Tahapan perkembangan dimulai dari biji. Setelah beberapa hari, biji kemudian berkecambah. Berkecambah artinya mulai tumbuh menjadi tanaman baru. Setelah berkecambah, tanaman membentuk akar, batang, dan daun. Tanaman mengalami pertumbuhan sehingga menjadi tanaman kacang hijau muda. Setelah beberapa lama, tanaman kacang hijau mulai berbunga dan akhir berbuah.

2. Tunas :
Contoh tanaman yang berkembang biak dengan tunas adalah pohon bambu, pohon pisang dan lain-lain.
Tahapan perkembangan dimulai tunas tumbuh dari bagian batang yang berada dalam tanah. Tunas terus tumbuh hingga menjadi tanaman baru di sekitar induknya hingga dewasa. Tanaman baru tidak tergantung pada induknya, yaitu ketika induknya dipotong atau mati, maka tanaman baru ini tidak ikut mati.

3. Umbi :
Perkembangbiakan melalui umbi ini ada beberapa macam, yaitu :
  • Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan menggelembung karena menyimpan cadangan bagi tumbuhan itu. Contoh umbi batang : kentang dan ubi jalar.
  • Umbi akar adalah akar yang membesar berisi cadangan makanan. Jika umbi ini ditanam bersama pangkal batang, maka akan tumbuh tunas atau tanaman baru. Contoh tumbuhan yang berkembang biak melalui umbi akar adalah wortel, lobak, dan singkong.
  • Umbi lapis adalah tumbuhan yang berkembang biak melalui umbi lapis adalah bawang merah, bawang putih, bunga bakung, dan bunga tulip. Perkembangbiakannya dimulai dengan tumbuhnya siung pada ketiak paling luar. Pada awal pertumbuhannya, siung mengambil makanan dari induknya. Setelah siung memiliki daun , maka siung itu telah dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis.

4. Spora :
Bagian belakang daun – daun pada tanaman paku ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Bagian belakang daun yang dimiliki oleh tanaman paku memiliki bintik – bintik seperti pada gambar di atas. Bintik – bintik pada daun tersebut ada yang berwarna putih, hitam, dan ada juga yang berwarna coklat.
Bintik – bintik yang terdapat pada bagian belakang daun tersebut disebut sebagai sporangium ( kotak spora ), yaitu tempat untuk spora. Spora adalah sel pada tumbuhan paku yang dapat digunakan untuk berkembang biak.

B. Perkembangbiakan Buatan :
Artinya tumbuhan berkembang biak dengan dibantu oleh manusia. Beberapa contoh perkembangbiakan secara buatan pada tumbuhan adalah :

1. Cangkok
Mencangkok adalah memperbanyak tumbuhan dengan cara memotong dahan tumbuhan induknya. 


Cara mencangkok adalah :
  • Kupas kulit kayu dan bersihkan.
  • Tutup bagian yang dikupas dengan tanah yang dibungkus plastik atau sabut kelapa, lalu ikat dengan tali.
  • Siram bagian yang telah ditutup agar tetap lembab.
  • Setelah beberapa lama akan tumbuh akar dan siap untuk ditanam menjadi tumbuhan baru.

2. Stek


Stek adalah cara perkembangbiakan tanaman dengan menanam bagian dari tanaman tersebut. Contoh : singkong, mawar, dan tebu.

Nah, setelah adik-adik belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan, selanjutnya adik-adik akan belajar tentang mozaik.
Daun kering dapat digunakan sebagai hiasan. Menghias gambar dengan tempelan daun kering disebut kerajinan mozaik. Mebuat mozaik juga dapat dilakukan dengan menggunakan biji.

Biji merupakan salah satu bagian tumbuhan. Biji tanaman berbeda–beda bentuk dan warnanya. Biji-bijian yang sangat indah dapat dimanfaatkan untuk membuat karya kerajinan mozaik. Salah satu contoh kerajinan mozaik yang indah ada pada gambar berikut ini.



Rangkuman Tema 1 Subtema 4 Muatan Matematika



Pada muatan Matematika, adik-adik akan belajar tentang mengerjakan soal perkalian dan pembagian.

Perhatikan soal berikut :
1. Udin dan kawan-kawan akan membuat mozaik menggunakan biji-bjian. Pak guru memiliki 10 biji kacang merah yang akan dibagikan kepada dua kelompok dengan jumlah sama banyak. Berapa banyak biji kacang merah yang diterima setiap kelompok?
Penyelesaian :
Pindahkan biji kacang merah yang ada di toples dan letakkan biji pada dua tempat yang sudah disiapkan sampai isi toples habis.


Kejadian seperti dalam gambar di atas dituliskan
10 - 2 - 2 - 2 - 2 - 2 = 0.
Pengurangan berulang sampai tidak ada yang tersisa disebut juga dengan istilah pembagian. Maka, proses di atas dapat ditulis dalam bentuk pembagian seperti berikut.
10 : 2 = 5.

2. Hasil pembagian 45 : 3 adalah...
Penyelesaian :


Setelah adik-adik belajar Materi Kelas 3 Tema 1 Subtema 4, saatnya adik-adik mengerjakan Soal Ulangan Harian Tema 1 Subtema 4 Kelas 3 untuk mengetahui sejauh mana pemahaman adik-adik.

Adik-adik jangan gelisah jika nilai belum memuaskan, adik-adik cukup belajar dengan rajin biar semakin pintar dan paham materi yang dijelaskan oleh Bapak / Ibu Guru. Jika nilai PH Tema 1 Subtema 4 sudah memuaskan, saatnya adik-adik belajar materi selanjutnya ya yaitu Materi Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 K13 Revisi.

Semoga informasi Rangkuman Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 K13 Revisi diatas bermanfaat ya. Jangan lupa Follow agar dapat notifikasi informasi terbaru lainnya dari Ruang Kelas.

Yuk kita tingkatkan rasa saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Dengan berbagi informasi ini, kita akan membantu meringankan dan memudahkan urusan orang lain pula.

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 K13 Revisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel