Ringkasan Materi Seni Musik Unit 4 Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Materi Seni Musik Kelas 7 Unit 4 "Bermain Ansambel" Kurikulum Merdeka - Berikut rangkuman lengkap materi Seni Musik Kelas 7 pada Unit 4 yang membahas tentang Bermain Ansambel, yuk simak baik-baik.




A. Ayo, Bermain Musik Bersama



1. Ansambel

Ansambel adalah permainan musik secara bersama-sama. Ansambel dapat dibedakan berdasarkan jenis musik yang mereka mainkan, jenis alat musik, dan jumlah pemusik yang tampil bersama-sama. Berdasarkan jumlah pemain ansambel, maka ansambel terbagi atas ansambel kecil dan ansambel besar.

I. Ansambel Kecil

Ansambel kecil adalah kelompok pemain musik yang terdiri dari dua sampai delapan pemusik, bisanya dikenal dengan istilah:
a. Duet pemusik yang terdiri dari dua pemain musik yang bermain bersama, baik pada instrumen yang berbeda atau serupa, misalnya duet piano atau satu piano untuk dua pemain.
b. Trio, terdiri dari tiga pemain musik yang tampil bersama. Sebuah karya musik yang dimainkan oleh tiga orang dengan alat yang sama atau untuk tiga alat musik yang berbeda.
c. Kuartet adalah empat pemusik yang tampil bersama, baik berupa alat sejenis seperti empat pemain gitar yangbermain bersama atau empat pemusik yang bermain dengan alat yang berbeda-beda.
d. Quintet adalah lima musisi yang tampil dengan alat musik yang sama bersama atau sebuah musik yang terdiri dari lima instrumen.
e. Sextet adalah enam pemusik yang tampil bersama, komposisi musik yang dimainkan oleh enam pemusik, atau komposisi untuk enam instrumen.
f. Septet adalah tujuh pemusik yang bermain bersama atau sebuah karya musik untuk tujuh instrumen.
g. Oktet adalah delapan pemusik yang tampil bersama, dan mungkin juga merujuk pada komposisi yang dimaksudkan untuk dimainkan oleh delapan musisi atau komposisi untuk delapan instrumen musik.

II. Ansambel Besar

Ansambel besar memiliki kelompok musisi yang lebih banyak. Bisa berkisar dari sepuluh hingga ratusan pemain. Adapun ansambel besar adalah:
a. Chamber Orchestra — Chamber Orchestra atau musik kamar adalah komposisi orchestra yang hanya terdiri dari lima belas hingga tiga puluh pemain musik.
b. Symphony Orchestra/Philharmonic Orchestra — Symphony Orchestra adalah komposisi orkestra yang terdiri dari lebih tiga puluh pemain musik.


2. Pengelompokan Musik Ansambel

I. Berdasarkan Cara Penyajiannya
a. Musik ansambel sejenis, penyajiannya menggunakan alat-alat musik sejenis, contohnya ansambel piano, atau ansambel gitar.
b. Musik ansambel campuran, penyajiannya menggunakan beberapa alat musik yang berbeda, contohnya ansambel pianika, rekorder, gitar dan lainnya.

II. Berdasarkan peranan dan fungsinya
a. Ansambel melodis, merupakan ansambel musik yang terdiri dari alat-alat musik melodis, seperti ansambel yang alatmusiknya terdiri dari harmonika, pianika, trumpet, rekorder dan lain sebagainya.
b. Ansambel ritmis, merupakan ansambel musik yang terdiri dari alat-alat musik perkusi, seperti ansambel ansambel yang alat musiknya terdiri dari drumset, tambourine, triangle dan lain sebagainya.
c. Ansambel harmonis, Ansambel harmonis ini terdiri atas alat-alat musik yang dapat digunakan untuk memainkan melodi lagu dan juga dapat mengatur irama lagu.

III. Berdasarkan golongannya
a. Digolongkan dari sumber bunyinya
  • Aerophone merupakan alat musik yang sumber bunyinya itu berasal dari getaran udara. Contoh: rekorder dan pianika.
  • Membranophone merupakan alat musik yang sumber bunyinya dari membran. Contoh: rebana dan drum.
  • Chordophone merupakan alat musik yang sumber bunyinya itu berasal dari dawai atau snare. Contoh: gitar, kecapi dan biola.
  • Idiophone merupakan alat musik yang sumber bunyinya itu berasal dari badan atau body alat itu sendiri. Contoh: angklung dan gong.
  • Electrophone merupakan alat musik yang berfungsi jika ada tegangan listrik. Contoh: organ listrik dan juga gitar listrik.

b. Digolongkan dengan dasar cara memainkannya
  • Dipetik, seperti kecapi, banyo dan gitar.
  • Digoyangkan/digetarkan, seperti angklung da tambourine.
  • Ditiup, seperti seruling, terompet dan klarinet.
  • Dipukul, contoh dari alat musik yang dipukul ini seperti drumset, tifa, bongo, conga, marimba dan rebana.
  • Digesek, seperti biola, rebab dan selo.


B. Pergelaran Musik di Kelas



I. Persiapan Pergelaran

Yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan pergelaran adalah:
1. Membentuk panitia yang akan merencanakan pertunjukan dengan agenda yang jelas tentang bentuk pergelaran, jadwal, latihan, pendukung, dan dana yang dibutuhkan. Susunan panitia adalah sebagai berikut:
a. Ketua Panitia, sebagai koordinator anggota panitia, memantau kinerja panitia, dan membagi tugas setiap seksi.
b. Bendahara, bertugas mengatur keuangan panitia.
c. Sekretaris, bertugas mendokumentasikan surat-surat, baik formal maupun nonformal yang dibutuhkan dalam pertunjukan, mencatat hasil setiap pertemuan hingga penyusunan proposal.
d. Seksi-seksi
  • Seksi dana bertugas mencari dana yang dibutuhkan untuk kegiatan pergelaran.
  • Seksi perlengkapan dan dekorasi bertugas menyiapkan tempat/ruang untuk panggung, penataan panggung, dekorasi panggung, hingga alat musik serta kebutuhan materi pertunjukan.
  • Seksi acara, bertugas mengatur acara-acara yang akan digelarkan dalam pertunjukan dengan jadwal yang jelas (rundown), dan juga dapat merangkap sebagai pewara atau MC (Master of Ceremony).
  • Seksi dokumentasi bertugas merekam program pertunjukan dengan menggunakan foto ataupun video dari setiap penampilan dalam pertunjukan.

2. Tempat dan waktu pelaksanaan.
3. Menentukan tema pergelaran.
4. Menentukan pergelaran yang akan ditampilkan, meliputi:
  • Materi tampilan yang akan digelar
  • Jadwal latihan

II. Mengatur jadwal kegiatan

Di dalam pergelaran musik membutuhkan persiapan yang baik, maka perlu ada jadwal. Pengaturan jadwal kegiatan pergelaran meliputi:
1. Persiapkan pemain yang tampil baik secara individu maupun kelompok.
2. Mempersiapkan lagu dan ansambel musik yang akan digelar
3. Gladi bersih (general repletion)
4. Melakukan pengecekan akhir atas kesiapan kinerja baik dari panitia, pemain dan venue.
5. Menyusun tampilan atau jadwal acara.

III. Penataan Ruang Pergelaran

Penataan ruang pergelaran meliputi:
1. Tampilan tema
2. Dekorasi
3. Penataan suara/sound system apa bila diperlukan
4. Perlengkapan pergelaran
  • Busana untuk pergelaran
  • Alat-alat musik yang akan dimainkan
  • Partitur score musik
  • Trap untuk penyanyi

IV. Pelaksanaan Acara

Sebelum pelaksanaan pergelaran terlebih dahulu harus dibuat rancangan susunan acara yang akan digelar, yang meliputi:
1. Pola acara
2. Variasi acara
3. Waktu/durasi/lamanya acara
4. Puncak acara

V. Evaluasi

Evaluasi diperlukan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi tiap seksi dan mencari solusi untuk pergelaran selanjutnya. Waktu pelaksanan evaluasi dilakukan setelah pergelaran. Masing-masing seksi membarikan laporan dari hasil pelaksanaan pergelaran tersebut, meliputi:
1. Pembiayaan selama kegiatan
2. Pelaksanaan acara pergelaran
3. Laporan dari masing-masing seksi.


Semoga informasi Ringkasan Materi Seni Musik Unit 4 Kelas 7 Kurikulum Merdeka diatas bermanfaat. Jangan lupa Follow agar dapat notifikasi informasi terbaru lainnya dari Ruang Kelas.

Belum ada Komentar untuk "Ringkasan Materi Seni Musik Unit 4 Kelas 7 Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel