Capaian Pembelajaran 2022 SMP Kurikulum Merdeka

Unduh Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka Jenjang SMP Seluruh Muatan Pelajaran - Capaian Pembelajaran dalam kurikulum merdeka merupakan keterampilan belajar yang dimiliki oleh siswa dan harus diselesaikan setiap tahap. Kurikulum Merdeka sendiri merupakan kurikulum yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek untuk mengatur kegiatan pembelajaran di sekolah yang bersifat student centered learning atau berpusat pada siswa.


Kurikulum Merdeka mengatur pembelajaran sesuai minat dan bakat anak dinilai lebih fleksibel dan berkonsentrasi untuk mengembangkan kemampuan atau kompetensi siswa.




Untuk bisa mencapai Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, maka kegiatan pembelajaran dilakukan secara konstruktivisme. Teori pembelajaran konstruktivisme merupakan kegiatan pembelajaran yang mengutamakan perkembangan logika serta konseptual pembelajar. Melalui teori belajar ini maka anak bisa membuat atau mencipta suatu karya dan membangun suatu hal yang sudah dipelajari.


Kurikulum Merdeka juga menginginkan anak-anak Indonesia untuk tetap aktif, kecerdasan meningkat, kreatif dan mampu membuat suatu karya.

Revisi Capaian Pembelajaran Tahun 2022/2023 tertuang dalam Keputusan Kepala BSKAP 033/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran Pada PAUD, Dikdas dan Dikmen Pada Kurikulum Merdeka digunakan untuk menggantikan Keputusan Kepala BSKAP Nomor 008/H/KR/2022.


Unduh Capaian Pembelajaran (CP) Jenjang SMP Pada Kurikulum Merdeka



Capaian Pembelajaran (CP) tidak dapat dirubah, namun Bapak Ibu guru dapat menurunkannya atau melakukan pemetaan menjadi Tujuan Pembelajaran (TP). Kemudian dari TP diturunkan kembali menjadi Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP), dan yang terakhir yaitu Modul Ajar.

Capaian Pembelajaran Mata pelajaran ditiap Fase,yaitu :
  • Fase A = kelas I dan II SD/MI dan Program Paket A
  • Fase B = kelas III dan IV SD/MI dan Program Paket A
  • Fase C = kelas V dan VI SD/MI dan Program Paket A
  • Fase D = kelas VII,VII dan IX SMP/MTs dan Program Paket B
  • Fase E = kelas X SMA/MA dan Paket C
  • Fase F = kelas XI da XII SMA/MA dan Paket C

Dan berikut ini adalah link Unduh Capaian Pembelajaran (CP) Tahun 2022 Jenjang SMP bagi yang memerlukan silahkan klik tautan berikut :


Semoga informasi Capaian Pembelajaran 2022 SMP Kurikulum Merdeka diatas bermanfaat. Jangan lupa Follow agar dapat notifikasi informasi terbaru lainnya dari Ruang Kelas.

Belum ada Komentar untuk "Capaian Pembelajaran 2022 SMP Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel