Silabus IPA Kelas 7 Semester 1 & 2 K13 2021/2022

Download Silabus Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 7 SMP/MTs Semester Gasal & Genap Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 - Silabus merupakan  salah satu perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh Guru. Fungsinya adalah sebagai sarana / media untuk mempermudah pembelajaran dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun tertentu.

Dengan kata lain, silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.




Komponen-Komponen Silabus



Silabus tersusun dari beberapa komponen, dan berikut ini merupakan komponen-komponen silabus :
  1. Identitas Mata Pelajaran
  2. Identitas Sekolah, memuat nama Satuan Pendidikan.
  3. Kompetensi Inti (KI), merupakan gambaran mengenai kompetensi dalam aspek Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan yang harus dipelajari oleh Peserta Didik untuk jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.
  4. Kompetensi Dasar adalah kemampunan minimal pada setiap mata pelajaran yang harus dicapai Peserta Didik yang mencangkup Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan.
  5. Indikator pencapaian kompetensi, adalah perilaku yang dapat diukur atau diamati untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
  6. Materi Pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedut yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.
  7. Pembelajaran, adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
  8. Penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.
  9. Alokasi Waktu, sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun.
  10. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

Nah, setelah memahami Apa itu Silabus dan Macam-Macam Komponen Silabus, penting juga memahami Langkah-Langkah Mengembangkan Silabus, Apa saja? Berikut penjelasannya.


Langkah-Langkah Pengembangan Silabus



Terdapat tujuh point urutan dalam mengembangkan Silabus, berikut ini adalah langkah-langkahnya :
  1. Mengkaji Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
  2. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran.
  3. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran.
  4. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi.
  5. Menentuan Jenis Penilaian.
  6. Menentukan Alokasi Waktu.
  7. Menentukan Sumber Belajar.


Download Silabus Kelas 7 SMP/MTs Mata Pelajaran IPA Semester 1 & 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru



Bagi Bapak / Ibu Guru yang memerlukan Silabus Kelas 7 SMP/MTs, silahkan klik tautan berikut :

Semoga informasi Silabus IPA Kelas 7 Semester 1 & 2 K13 2021/2022 diatas bermanfaat bagi Bapak / Ibu ya. Jangan lupa Follow agar dapat notifikasi informasi terbaru lainnya dari Ruang Kelas.

Yuk kita tingkatkan rasa saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Dengan berbagi informasi ini, kita akan membantu meringankan dan memudahkan urusan orang lain pula.

Belum ada Komentar untuk "Silabus IPA Kelas 7 Semester 1 & 2 K13 2021/2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel