Pemetaan KI & KD Kelas 3 SD Semester 1 & 2 Tahun 2021

Contoh Pemetaan KI dan KD Kurikulum 2013 Kelas 3 SD Semester Gasal dan Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 - Apa yang dimaksud pemetaan KI & KD? Pemetaan Kompetensi Dasar adalah kegiatan pemetaan yang dilakukan oleh Guru untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh dari semua Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dari beberapa mata pelajaran yang dipadukan.

Pemetaan KD pada Kelas 3 SD Kurikulum 2013 digunakan sebagai langkah awal dalam merancang pembelajaran yang dilakukan oleh Guru pada awal tahun ajaran. Proses rancang Kompetensi Dasar yang baik dan benar akan menghasilkan mutu pendidikan yang lebih baik dengan cara menciptakan kegiatan belajar mengajar yang efektif, efisien serta berpusat pada Peserta Didik.

Proses pemetaan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) bertujuan untuk :
  1. Menentukan karakteristik Kompetensi Dasar
  2. Menentukan cakupan materi
  3. Menentukan pengetahuan prasarat yang diperlukan untuk mencapai KD.
  4. Menata urutan penyajian Kompetensi Dasar dalam satu semester / satu tahun.
  5. Dapat disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran.

Sangat penting bagi Guru Kelas 3 SD sebelum melakukan Pemetaan KI dan KD adalah memahami tahapan-tahapan Pemetaan KI dan KD, apa saja tahapannya?
  1. Melakukan analisis Kurikulum, baik SKL, KI dan KD
  2. Pemetaan keterhubungan Tema ke dalam KI, KD dan Indikator
  3. Membuat pemetaan KD



A. Analisis SKL, KI dan KD



Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan Peserta Didik yang harus dipenuhinya atau dicapainya dari suatu Satuan Pendidikan pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik yang mencangkup empat dimensi yaitu :
  • Kompetensi Inti – 1 (KI-1) : adalah Kompetensi Inti Sikap Spiritual
  • Kompetensi Inti – 2 (KI-2) : adalah Kompetensi Inti Sikap Sosial
  • Kompetensi Inti – 3 (KI-3) : adalah Kompetensi Inti Sikap Pengetahuan
  • Kompetensi Inti – 4 (KI-4) : adalah Kompetensi Inti Sikap Keterampilan

Sedangkan Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan yang harus dicapai Peserta Didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.

Setelah memahami seluk-beluk SKL, KI dan KD, Guru dapat melakukan analisis dengan langkah berikut :
  1. Membaca dan menganalisis seluruh Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) dari seluruh mata pelajaran.
  2. Kemudian buatkan indikator pada masing-masing Kompetensi Dasar setiap muatan pelajaran dengan tetap berpedoman pada kriteria pembuatan indikator mata pelajaran.


B. Pemetaan Tema Dalam KI, KD dan Indikator



Setelah menganalisis sekaligus menyusun indikator setiap Kompetensi Dasar, berikutnya lakukan pemetaan keterhubungan Tema dengan KI, KD dan Indikator pada seluruh mata pelajaran yang ada di Kelas 3 SD.


C. Langkah-Langkah Pemetaan Kompetensi Dasar (KD)



Berikut ini adalah langkah-langkah pemetaan KI dan KD.
  1. Melakukan identifikasi karakteristik dan kemampuan awal Peserta Didik. Tahap ini sangat penting untuk dilakukan agar dapat menentukan garis batas antara perilaku yang tidak perlu dan perlu ditetapkan sebagai indikator kebersihan peserta didik dalam menguasai kompetensi.
  2. Menentukan tahapan berpikir dari KI, KD, dan Indikator Pencapaian Kompetensi. Fungsinya adalah untuk melihat secara keseluruhan bagaimana KI dan KD dapat tercapai.
  3. Menentukan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) masing-masing Kompetensi Dasar (KD).
Pelaksanaan pembelajaran pada Sekolah Dasar dilakukan dengan pendekatan pembelajaran tematik-terpadu, kecuali untuk mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri untuk Kelas 4, 5, dan 6.


D. Unduh Pemetaan KI & KD Kelas 3 SD Semester 1 & 2



Berikut ini adalah Contoh Format Pemetaan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kelas 3 SD Kurikulum 2013. Silahkan unduh pada tautan berikut :




Semoga informasi Pemetaan KI & KD Kelas 3 SD Semester 1 & 2 Tahun 2021 diatas bermanfaat bagi Bapak / Ibu. Jangan lupa Follow agar dapat notifikasi informasi terbaru lainnya dari Ruang Kelas.

Yuk kita tingkatkan rasa saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Dengan berbagi informasi ini, kita akan membantu meringankan dan memudahkan urusan orang lain pula.

Belum ada Komentar untuk "Pemetaan KI & KD Kelas 3 SD Semester 1 & 2 Tahun 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel